Selasa, 20 April 2021

Menggali Informasi dari Buku Fiksi dan Nonfiksi

Cara mendapatkan informasi yang lengkap dari buku fiksi dan nonfiksi adalah merangkum buku tersebut. Perhatikan contoh rangkuman buku di bawah ini!

IDENTITAS BUKU

Judul Buku           :    Tips & Trik Jago Main Rubik
Penulis                  :    Wicaksono Adi
Penerbit                :    Gradien Mediatama
Cetakan/Tahun     :    1/2009
Tebal                    :    184 halaman

PENULIS

Wicaksono Adi, lahir di Semarang pada 6 Oktober 1986. Di komunitas rubik Indonesia dan Internasioanl, ia terkenal dengan nama panggilan Chuck. Mulai mengenal rubik pada Maret 2009, dengan segera ia jatuh cinta dengan permainan ini serta komunitasnya.

PENDAHULUAN

Buku Tips & Trik Jago Main Rubik ini hadir sebagai solusi jitu dan komplit. Buku ini akan menjadi teman akrab Anda dalam menyelami permainan rubik, mulai dari nol hingga mahir. Dari berjam-jam hingga mampu menyelesaikannya dibawah 20 detik, bahkan dengan mata tertutup.

SINOPSI

            Rubik adalah permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang memiliki enam warna pada setiap sisinya. Ditemukan pada tahun 1974 oleh Profesor Erno Rubik, seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria. Dengan cepat rubik menciptakan sensasi internasional. Setiap orang ingin memilikinya. Demam ini menjalar baik pada anak-anak maupun dewasa. Ada sesuatu yang memikat pada kubus kecil ini. Ia memiliki konsep sederhana, elegan, namun secara mengejutkan sulit untuk diselesaikan.
             Satu demi satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik, diantaranya American Rubik's Cube Championship (November 1981), United Kingdom Rubik's Cube Championship (Desember 1981), Canadian Rubik's Cube Championship (Maret 1982). Puncaknya, pada bulan Juni 1982 untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik's Cube World Championship di Budapest, dimana orang-orang dari berbagai negara dipertemukan oleh rubik. kejuaraan ini dimenangkan oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16 tahun, Minh Thai, dengan catatan waktu 22,95 detik.
            Ketertarikan masyarakat pada rubik mulai memudar menjelang tahun 1990. Orang-orang sudah terlalu kesal saat mencoba menyelesaikannya, mengingat keterbatasan informasi saat itu. Sebagian lebih tertarik dengan kehadiran video game lektronik yang lebih modern. Namun hinga hari ini, lebih dari 30 juta rubik telah terjual (belum termasuk merk-merk tiruannya), menjadikan rubik diakui sebagai permainan puzzel terlaris di dunia. Bahkan rubik juga disebut-sebut sebagai mainan terlaris sepanjang masa, berdampingan dengan boneka Barbie.
            Dengan munculnya di internet, rubik akhirnya bangkit dari tidur panjangnya. Pada tahun 2000, petunjukan untuk menyelesaikan rubik telah banyak ditemukan di internet. Demam rubik pun melanda untuk kedua kalinya. Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika World Championship kedua diadakan di Canada. Rubik dipandang sebagai permainan yang positif, terjangkai, melatih motorik, daya ingat, serta mampu mendorong peminatnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat.

IKHTISAR

Speedsolving adalah seni menyelesaikan rubik dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Para pelakunya biasa disebut speedcuber. Bagi mereka, menyelesaikan rubik adalah sebuah olahraga ketangkasan. Mereka tidak hanya mengejar kesenangan, melainkan juga membuktikan diri dan meraih perstasi.

KELEBIHAN

1. Banyak gambar yang menarik.
2. Penjelasan sangat rinci.
3. Terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.

KEKURANGAN

Ada beberapa kata yang sulit dimengerti tidak terdapat pada bagian indeks.

(Sumber: Rangkuman Buku Nonfiksi diunggah di http://www.materikelas.com/2016/01/4-contoh-resensi-buku-non-fiksi.html dengan sedikit perubahan)

0 komentar:

Posting Komentar